Kami Memberikan Gudang atau Kumpulan Contoh Surat dan Proposal di blog ini.

Contoh Soal Tes CPNS Dan Pembahasan Matematika

Share on :

Contoh Soal Tes CPNS Dan Pembahasan Matematika - Memang kalau kita kurang tahu tentang soal tes CPNS makah kita akan bingung untuk bisa mempelajarinya, karena dimana soal CPNS untuk matematik banyak sekali rumus yang harus kita persiapkan dan kita pelajari.  Untuk bisa mempermudah hal tersebut, maka kita harus mengenal soal CPNS tersebut supaya kita bisa memperdiksi soal matematika apa yang di keluarkan.


Untuk mengenali hal itu maka kami akan sampikan kepada anda semua untuk bisa mempelajarinya dirumah dan mempersiapkan materi tes CPNS untuk matematika. Di bawah ini adalah Contoh Soal CPNS dan pembahasan sehingga anda bisa mengetahui soal dan juga hasil jawaban yang di keluarkan.


1. Jika P adalah bilangan asli, dan Q adalah bilangan prima, maka P Ç Q adalah himpunan…

A. Bilangan Asli
B. Bilangan Bulat
C. Bilangan Prima
D. Bilangan Cacah
E. Bilangan Kosong

2. Bilangan Bulat Bilangan Prima Bilangan Cacah Bilangan Kosong Bila terdapat dua himpunan yaitu A = {1,3,6} dan B = {1,2,3,5}; maka C = AÇN adalah

A. {1,2}
B. {1,3}
C. {2,3}
D. {3,4}
E. {3,5}

Keterangan : Notasi “Ç “ menyatakan irisan. Anggota persekutuan A dan B adalah 1 dan 2 maka C = A Ç B = {1,3}

3. I. Beberapa bilangan bukan bilangan prima
II. Tidak ada bilangan prima yang merupakan bilangan kuadrat.
Jika beberapa dalam pernyataan I berarti “paling sedikit satu” maka dari pernyataan I dan II dapat disimpulkan …

a. Beberapa bilangan bukan bilangan kuadrat
b. Beberapa bilangan adalah bilangan kuadrat
c. Beberapa bilangan kuadrat bukan bilangan
d. Tidak ada bilangan yang bilangan kuadrat
e. Tidak satupun yang diatas merupakan kesimpulan dari I dan II

4. Berdasarkan hasil tes tertulis rekrutmen calon pegawai yang terdiri dari 50 peserta, diperoleh hasil sebagai berikut :
20 orang peserta mendapat skor terbaik pada tes verbal, 30 orang peserta mendapat skor terbaik pada tes kuantitatif dan 10 orang peserta mendapat skor buruk pada kedua tes tersebut.
Berapa banyak peserta tes yang mendapat skor terbaik untuk kedua tes tersebut?

a. 5
b. 10
c. 15
d. 20
e. 25

Pembahasan :
Misal V = {peserta mendapat skor terbaik pada tes verbal}
K = {peserta mendapat skor terbaik pada tes kuantitatif}
Maka n (V) = 20; n(K) = 30; n(S) =50.
n(KÈV) = n(S)-10 50 – 10 = 40;
n(KÇB) = n(K) + n (V) – n (KÇB)
40 = 30 + 20 – n(KÇB)
(KÇB) = 30 + 20 – 40 = 10

5. Dalam sebuah kandang terdapat 500 ekor lembu, 270 ekor yang jantan dan 180 berwarna hitam. Total sapi yang berwarna hitam adalah 350 ekor. Berapa ekorkah lembu betina yang tidak berwarna hitam?

A. 60 ekor
B. 70 ekor
C. 170 ekor
D.  230 ekor
E.  240 ekor

Pembahasan =
lembu jantan berwarna hitam = 180; ayam betina berwarna hitam = 350-180 = 170 ekor; lembu betina yang tidak berwarna hitam = 230-170 = 60 ekor

6. Jika M adalah himpinan huruf dari kata “ CATATAN”. Maka banyaknya himpunan bagian dari H yang tidak kosong adalah…

A. 128
B. 127
C. 16
D. 15
E. 14

Pembahasan =
Himpunan huruf {CATATAN} M = {C, A, T, N} n(M) =4
Jumlah himpunan bagian M = 24 = 16
Banyaknya himpunan bagian M yang kosong = 1
Banyaknya himpunan bagian M yang tidak kosong = 16-1 =15

7. Jika pada persamaan garis y= x+p, p diberi harga sembarang. Maka garis tersebut :
(1) Selalu memotang sumbu X
(2) Selalu memotong sumbu Y
(3) Selalu sejajar dengan garis y=x
(4) Mungkin melalui titik asal (0,0)
Maka manakah dari pernyataan tersebut di atas yang benar…

A.  (1), (2) dan (3) benar
B.  (1) dan (3) yang benar
C.  (2) dan (4) yang benar
D.  Hanya (4) yang benar
E.  Jika semuanya benar

Pembahasan =
Jika y = x+p, jika p sembarang
Titik potong dengan sumbu x y = 0 x = – p (-p,0)
Titik potong dengan sumbu y x = 0 y = p (0,p)
Y = x dan y = x + p mempunyai gradien sama yaitu 1. Maka kedua garis tersebut selalu sejajar. Untuk p=0 maka y = x, ini berarti garis tersebut melalui titik asal (0,0). Jadi pernyataan (1), (2), (3) dan (4) benar.

8. Diketahui persamaan kuadrat x2-ax-2=0, maka hasilnya adalah seperti yang dinyatakan sebagai berikut :
(1) Kedua akarnya positif
(2) Kedua akarnya negatif
(3) Kedua akarnya sama
(4) Akarnya yang satu positif dan yang lain negatif.
Maka manakah pernyataan tersebut diatas yang benar?

A. (1) , (2) dan (3) benar
B. (1) dan (3) yang benar
C. (2) dan (4) yang benar
D. Hanya (4) yang benar
E. Jika semuanya benar
 
Pembahasan =
x2-ax-2=0 Þ x1 + x2 = a; x1 - x2 = -2
D = (-a)2-4.1. (-2) = a2 + 8
D > 0 dan x1 . x2 = -2<0, maka akar-akarnya real dan berlainan tanda ( yang satu positif dan yang lain negatif)

9. Jika pernyataan p bernilai benar dan q bernilai salah, maka pernyataan dibawah ini manakah yang bernilai benar….
(1) ~ p Û q
(2) ~ p n ~q
(3) q n p
(4) ~ q Ù p

A. (1) , (2) dan (3) benar
B. (1) dan (3) yang benar
C. (2) dan (4) yang benar
D. Hanya (4) yang benar
E. Jika semuanya benar

Pembahasan =
P Q ~ p ~ q ~ p Û q ~ p n ~q q n p ~ q Ù p
B S S B B B B B

10. Pasangan manakah dari pernyataan p dan q yang berikut memenuhi p Þ q?
(1) P : x ganjil; q : 2x genap
(2) P : x positif; q : 2x positif
(3) P : x ganjil ; q : 2x+1 ganjil
(4) P : x2-x <2 ; q : -1<x<2

A. (1) , (2) dan (3) benar
B. (1) dan (3) yang benar
C. (2) dan (4) yang benar
D. Hanya (4) yang benar
E. Jika semuanya benar

Pembahasan =
X2-x-2 < 0
(x+1) (x-2) < 0 Þ -1 <x < 2
X2-x < 2 Þ -1 < x<2 (benar)

Semoga info yang kami sampaikan di blog contoh surat dan proposal untuk  Contoh Soal Tes CPNS Dan Pembahasan Matematika bisa menjadi manfaat buat anda yang saat ini ingin sekali mengikuti Tes CPNS, semoga bisa lulus tes CPNS ini ya sobat.


Artikel Terkait

Anda sedang membaca Artikel tentang Contoh Soal Tes CPNS Dan Pembahasan Matematika dan anda bisa menemukan Artikel Contoh Soal Tes CPNS Dan Pembahasan Matematika ini dengan URL https://suratproposal.blogspot.com/2013/10/contoh-soal-tes-cpns-dan-pembahasan.html, Terimakasih Telah membaca Artikel Contoh Soal Tes CPNS Dan Pembahasan Matematika Anda boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste nya jika Artikel Contoh Soal Tes CPNS Dan Pembahasan Matematika ini sangat bermanfaat bagi anda, Namun jangan lupa untuk meletakkan Link Contoh Soal Tes CPNS Dan Pembahasan Matematika sebagai Sumbernya.

2 comments on Contoh Soal Tes CPNS Dan Pembahasan Matematika :

Unknown said... August 17, 2015 at 6:56 AM

ijin share

Unknown said... November 3, 2018 at 6:38 AM

KISAH CERITA SUKSES SAYA JADI PNS
Assalamu Alaikum wr-wb, mohon maaf sebelum'nya saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS, saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi Pemerintan Manapun, saya sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 2 kali mengikuti ujian, namun hasil'nya Nol bahkan saya sempat putus asah setelah di tipu sama POSTINGAN yang mengatasnama'kan AIDU TAUHID tapi saya ikhlas masalah uang saya yang di makan oleh oknum penipu dan singkat cerita pada suatu hari tempat saya honor mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, 2 bulan kemudian saya sudah ada panggilan untuk pengambilan SK saya, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar, dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, muda mudahan anggota honor yang lain bisa seperti saya amin....amin, dan sekali lagi terima kasih kpd Bpk DR. HERMAN. M.SI direktur aparatur sipil negara di bkn pusat semoga sukses selalu pak herman dan di beri umur panjang. Wassalam.......

Post a Comment and Don't Spam!